Profil Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Kata Sambutan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh
Salam Sejahtera untuk kita semua,
Pertama dan yang paling utama sekali, mari sama-sama kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah S.W.T bahwa atas berkat_Nya kita senantiasa mendapat limpahan dan keridhoan_Nya. Sebagai lembaga pendidikan, Universitas Potensi Utama terus berkembang maju dan memberi kontribusi bagi masyarakat dan dunia pendidikan khususnya dengan membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Proses pendidikan program studi Pendidikan Bahasa Inggris dilaksanakan untuk mendidik mahasiswa bahasa inggris agar dapat menjadi lulusan yang berintegritas, mampu berkarya secara kreatif, memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik, menjadi tenaga pengajar yang peka dan berempati pada kebutuhan manusia, berwawasan lingkungan, dan selalu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan jaman.
Saat ini proses belajar mengajar dilaksanakan berdasarkan kurikulum 2014 yang mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi sesuai dengan Standar Pendidikan Tinggi di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan baik hard skill maupun soft skill mahasiswa. Dengan total beban sks yaitu 144 sks untuk program S1, fokus dari Pendidikan Bahasa Inggris adalah mengembangkan kemampuan berbahasa inggris para peserta didik dengan bimbingan dosen yang berpengalaman dan profesional dibidangnya. Para dosen yang mengajar di program studi bahasa inggri memiliki kualifikasi pendidikan S2 dan beberapa diantaranya sedang menyelasaikan S3.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada para orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan pendidikan putera-puterinya di Universitas Potensi Utama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, juga kepada lulusan SLTA yang telah menetapkan pilihan melanjutkan studi di Universitas Potensi Utama.
Website ini ditujukan memberikan berbagai informasi mengenai Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, mulai dari profil program studi sampai dengan kegiatan-kegiatan terbaru yang dilaksanakan di lingkungan Program Studi Bahasa Inggris. Semoga Informasi yang tersedia dapat berguna untuk mengenal dan memberikan gambaran mengenai program studi, khususnya untuk mahasiswa maupun calon mahasiswa.
See You at University of Potensi Utama
Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
ttd
(Eni Maisaroh, S.S)
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tahun 2014, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 424/E/O/2014. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Potensi Utama pada bulan September 2015 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT.
Visi
Pada Tahun 2020 Menjadi program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional.
Misi
- Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
- Melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
- Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan bermental wirausaha dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
- Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
- Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang dipublikasikan pada tingkat Nasional.
- Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya pada tingkat Nasional.
Sekilas Tentang Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan program pendidikan yang menghasilkan para pendidik dibidang bahasa inggris yang memiliki skill serta kemampuan dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan dan wawasan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris terhadap peserta didik.
Kompetensi
- Mampu menggunakan bahasa inggris secara reseptif (merespon)
- Mampu menggunakan bahasa inggris secara produktif (mengungkapkan)
- Mampu menerjemahkan dengan baik dari bahasa inggris ke bahasa indonesia dan sebaliknya
- Mampu menggunakan kosa kata bahasa inggris dengan baik dan berterima
- Mampu menggunakan tata bahasa inggris dengan baik dan berterima
- Mampu merespon dengan benar terhadap situasi yang menimbulkan kesalahpahaman antar budaya
- Mampu menganalisis unsur-unsur lingual secara struktural dan transformasional
- Mampu menganalisis pemakaian bahasa inggris sesuai dengan faktor-faktor sosial
- Menganalisis berbagai jenis teks
- Mampu merespon isu-isu profesi kependidikan di Indonesia
- Mampu mendesain pembelajaran bahasa inggris untuk pembelajaran muda
- Mampu mendesain pembelajaran bahsa inggris untuk pembelajaran dewasa
- mampu melaksanakan pembelajaran mikro bahasa inggris
- mampu memanfaatkan media ICT untuk mendukung pembelajaran bahasa inggris
- Mampu mengevaluasi pembelajaran bahasa inggris
- Mampu melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif
- mampu melakukan classroom action research
- Mampu menggunakan bahasa inggris dasar untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan akademik
- Mampu menggunakan bahasa inggris dalam pelajaran selain bahasa inggris
- Mampu melaksanakan peran sebagai guru dalam lingkup sekolah.
Karir Bidang Pendidikan Bahasa Inggris
-
- Guru/Dosen
- Departmen Luar Negeri
- Turis Guide
- Perhotelan
- Penerjemahan
- Wartawan